Royale Bakery Café merupakan sebuah bakery dan café yang ada
di dalam 1 gedung. Royale memiliki décor yang meriah dan penuh dengan warna
cerah, ketika saya Tanya mengapa, Pak efril menjawab :
“Royale ingin memberi kesan bakery dan café yang modern dan
ceria”
Ketika pertama kali kami memasuki Royale, di sudut kanan terdapat beberapa tempat duduk dengan background yang sangat menarik. Pak Efril
mengatakan tempat tersebut bernama ‘Wall Of Fame’. Disanalah tempat dimana
pengunjung bisa mengambil foto-foto dan menguploadnya di social media mereka.
Selain ‘wall of fame’, tidak hanya bakery biasa, tetapi diujung kanan bakery
terdapat sebuah bar kecil yang menyediakan minuman-minuman untuk para
pengunjung. Untuk mengunjungi café nya kami harus naik ke lantai 2, pada lantai
tersebut, dekor yang ada tidak jauh berbeda dengan suasana bakery dibawah,
hanya saja lebih banyak dipenuhi dengan meja dan kursi. Royale juga menyediakan
ruangan outdoor serta meja besar yang dapat digunakan untuk acara,meeting atau
perayaan lainnya.
Saya mendapat kesempatan untuk mewawancara manager dari
Royale Bakery Café yang bernama bapak Efril. Ketika ditanya tujuan utama dari
adanya Royale ini, bapak Efril menjawab :
“ Awalnya sih tentunya mau jadi Trade Mark Bogor ya mba,
karena kita beda sih, kita jual roti jadul..jadulnya dari bentuk dan isinya.
Tapi kita juga jual roti modern,.”
Selain itu beliau mengatakan untuk cafenya, Royale ingin
menciptakan tempat yang enak untuk dijadikan quality time bersama keluarga dan
teman, oleh karena itu Royale menyediakan banyak nuansa tempat yang dibutuhkan
oleh konsumennya. Selain ingin menarik perhatian masyarakat bogor, Royale juga
menjadikan pengunjung dari luar kota bahkan luar negri. Pak Efril mengaku
sering mendapat pengunjung asing dan dari luar kota dikarenakan design, konsep
dan menu ala western yang disediakan di Café.
Untuk Lokasi, Royale berada di lokasi yang sangat strategis
karena berada di simpang 3. Dahulu Jalan singpang 3 ini adalah pusat dari kota
Bogor, akan tetapi untuk sekarang ini, setelah banyak penjual makanan yang ada
di daerah pajadjaran, simpang 3 ini bukan menjadi pusat dari kota Bogor lagi
akan tetapi masih menjadi lokasi yang strategis karena dekat juga dengan kebun
raya bogor.
Royale buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam ketika hari
biasa, ketika weekend, Royale buka dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam.
Untuk kegiatan pemasaran, Royale memanfaatkan WOM dengan
maksimal, karena mereka percaya saat ini, strategi pemasaran yang sangat
efektif adalah WOM. Mereka menyebarkan tentang keberadaan Royale melalui social
media dengan cara mengajak setiap pengunjung yang datang untuk berfoto-foto di
Royale ataupun di Wall of fame. Social media yang dimiliki oleh Royale juga
memiliki followers yang cukup banyak dan memiliki konsep yang baik.
Pada saat di Café, saya mendapat kesempatan untuk
mewawancarai salah satu pengunjung yang ada di Royale.
Nama indriana 29 wiraswasta
Ternyata, Indriana dan temannya baru pertama kali mendatangi
Royale, mereka cukup puas dengan apa yang mereka lihat dan alami. Menurutnya,
makanan dari Royale dan suasananya enak untuk ngobrol,bertemu teman kerja
ataupun quality time. Indriani mengaku ia bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam
untuk ngobrol dengan temannya.
“kalau aku sih kalau ke café gini nyarinya suasana sama
makanannya”
Ketika ditanya mengetahui tempat ini dari mana, ia
mengatakan mengetahui tempat ini dari teman-temannya dan social media. Menurut
teman-temannya Royale memiliki tempat yang nyaman,makanan yang enak serta
konsep storenya yang menarik. Akhirnya, Indriana pun tertarik untuk mendatangi
tempat ini. Ketika Indriana mendatangi Royale, menurutnya tempat ini sesuai dengan
ekspektasinya yaitu suasana yang nyaman dan makanan yang enak.
Mereka juga mengatakan bahwa Royale ini memang diminati
berbagai macam pengunjung, anak muda, dewasa,keluarga,perokok dan pelajar pun
dapat menghabiskan waktunya di Royale dikarenakan ada fasilitas wi-fi,makanan
kecil dan juga bagian outdoor yang biasa digunakan untuk para konsumen yang
merokok.
Bisa dilihat diatas, bahwa Royale berhasil mempromosikan
tempatnya dengan menggunakan WOM dan juga melalui social media. Service dan
suasana yang adapun memenuhi ekspektasi konsumen yang ada.
No comments:
Post a Comment