Wednesday, November 11, 2015

LEISURE DESTINATION #2 - ROYALE BAKERY CAFE

Royale Bakery Café merupakan sebuah bakery dan café yang ada di dalam 1 gedung. Royale memiliki décor yang meriah dan penuh dengan warna cerah, ketika saya Tanya mengapa, Pak efril menjawab :

“Royale ingin memberi kesan bakery dan café yang modern dan ceria”








Ketika pertama kali kami memasuki Royale, di sudut kanan terdapat beberapa tempat duduk dengan background yang sangat menarik. Pak Efril mengatakan tempat tersebut bernama ‘Wall Of Fame’. Disanalah tempat dimana pengunjung bisa mengambil foto-foto dan menguploadnya di social media mereka. Selain ‘wall of fame’, tidak hanya bakery biasa, tetapi diujung kanan bakery terdapat sebuah bar kecil yang menyediakan minuman-minuman untuk para pengunjung. Untuk mengunjungi café nya kami harus naik ke lantai 2, pada lantai tersebut, dekor yang ada tidak jauh berbeda dengan suasana bakery dibawah, hanya saja lebih banyak dipenuhi dengan meja dan kursi. Royale juga menyediakan ruangan outdoor serta meja besar yang dapat digunakan untuk acara,meeting atau perayaan lainnya.

Saya mendapat kesempatan untuk mewawancara manager dari Royale Bakery Café yang bernama bapak Efril. Ketika ditanya tujuan utama dari adanya Royale ini, bapak Efril menjawab :


“ Awalnya sih tentunya mau jadi Trade Mark Bogor ya mba, karena kita beda sih, kita jual roti jadul..jadulnya dari bentuk dan isinya. Tapi kita juga jual roti modern,.”

Selain itu beliau mengatakan untuk cafenya, Royale ingin menciptakan tempat yang enak untuk dijadikan quality time bersama keluarga dan teman, oleh karena itu Royale menyediakan banyak nuansa tempat yang dibutuhkan oleh konsumennya. Selain ingin menarik perhatian masyarakat bogor, Royale juga menjadikan pengunjung dari luar kota bahkan luar negri. Pak Efril mengaku sering mendapat pengunjung asing dan dari luar kota dikarenakan design, konsep dan menu ala western yang disediakan di Café.

Untuk Lokasi, Royale berada di lokasi yang sangat strategis karena berada di simpang 3. Dahulu Jalan singpang 3 ini adalah pusat dari kota Bogor, akan tetapi untuk sekarang ini, setelah banyak penjual makanan yang ada di daerah pajadjaran, simpang 3 ini bukan menjadi pusat dari kota Bogor lagi akan tetapi masih menjadi lokasi yang strategis karena dekat juga dengan kebun raya bogor.
Royale buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam ketika hari biasa, ketika weekend, Royale buka dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam.

Untuk kegiatan pemasaran, Royale memanfaatkan WOM dengan maksimal, karena mereka percaya saat ini, strategi pemasaran yang sangat efektif adalah WOM. Mereka menyebarkan tentang keberadaan Royale melalui social media dengan cara mengajak setiap pengunjung yang datang untuk berfoto-foto di Royale ataupun di Wall of fame. Social media yang dimiliki oleh Royale juga memiliki followers yang cukup banyak dan memiliki konsep yang baik.

Pada saat di Café, saya mendapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu pengunjung yang ada di Royale.

Nama indriana 29 wiraswasta

Ternyata, Indriana dan temannya baru pertama kali mendatangi Royale, mereka cukup puas dengan apa yang mereka lihat dan alami. Menurutnya, makanan dari Royale dan suasananya enak untuk ngobrol,bertemu teman kerja ataupun quality time. Indriani mengaku ia bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam untuk ngobrol dengan temannya.

“kalau aku sih kalau ke café gini nyarinya suasana sama makanannya”

Ketika ditanya mengetahui tempat ini dari mana, ia mengatakan mengetahui tempat ini dari teman-temannya dan social media. Menurut teman-temannya Royale memiliki tempat yang nyaman,makanan yang enak serta konsep storenya yang menarik. Akhirnya, Indriana pun tertarik untuk mendatangi tempat ini. Ketika Indriana mendatangi Royale, menurutnya tempat ini sesuai dengan ekspektasinya yaitu suasana yang nyaman dan makanan yang enak.

Mereka juga mengatakan bahwa Royale ini memang diminati berbagai macam pengunjung, anak muda, dewasa,keluarga,perokok dan pelajar pun dapat menghabiskan waktunya di Royale dikarenakan ada fasilitas wi-fi,makanan kecil dan juga bagian outdoor yang biasa digunakan untuk para konsumen yang merokok.

Bisa dilihat diatas, bahwa Royale berhasil mempromosikan tempatnya dengan menggunakan WOM dan juga melalui social media. Service dan suasana yang adapun memenuhi ekspektasi konsumen yang ada. 



No comments:

Post a Comment